TEKS MISA TAHUN BARU PAKAYUMBA





 


Metamorfosis
                                                                                           




Perayaan Ekaristi Kaum Muda
Rabu, 31 Desember 2014
Gereja st. Yusup Baturetno

PROLOG
Metamorfosis
Tepat setahun ini, OMK Pakayumba memulai lembaran baru. Berbagai proses kehidupan kami hadapi bersama di OMK Pakayumba ini. Berbagai kisah dan perasaan telah kami lalui bersama. Perasaan sedih, senang, emosi, marah, malas, kadangkali kami merasakan jenuh, terkadang mulai jatuh cinta diantara kami, sekaligus perasaan cemburu, selalu menghiasi perjalanan kami dalam OMK Pakayumba ini. Kami juga ingat saat kami memulai kegiatan anjangsana, perayaan EKM Tahun Baru 2014, kegiatan Valentine, visualisasi sengsara Yesus,  ziarah bersama, campingrohani, EKM kemerdekaan, HUT Paroki, hingga EKM Tahun baru hari ini, itulah bagian dari wujud semangat kami membangun Gereja. Semua itu merupakan proses pembelajaran kami untuk semakin menguatkan bentuk pelayanan kami terhadap Gereja lewat OMK Pakayumba.
Tema EKM malam ini adalah metamorfosis. Metamorfosis mempunyai filosofi yang sangat erat dengan proses perjalanan OMK Pakayumba ini. Kami bisa mengambarkan bagaimana metamorfosis pada kupu-kupu, dari ulat yang dipandang menjijikan, berubah menjadi kepompong , kemudian menjadi kupu-kupu yang cantik memesona. Kita mencoba belajar dari metamorfosis kupu-kupu tersebut. Bagaimana kita berproses dari individu-individu yang belum mengenal satu sama lainya, disatukan  dalam OMK Pakayumba ini yang bertugas menjadi agen perubahan untuk menjadi garam dan terang di dalam Gereja, masyarakat, keluarga, dan sekolah.
Kita tidak mau berhenti di sini.Kita telah bersatu dalam keluarga. Harapan Kita, kami tetap menjadi garam dan terang sekaligus dapat berkembang lebih baik dalam mengabdi Gereja, keluarga, sekolah, dan masyarakat…. “Pakayumba Bersatu Tak Bisa Dikalahkan!!!!”



RITUS  PEMBUKA
LAGU PEMBUKA
TANDA SALIB DAN SALAM
PENGANTAR
SERUAN TOBAT :
I   :Tuhan Yesus, Engkau mencintai kami anak-anak-Mu dengan memperbarui hidup kami dengan terang-Mu.
U  :Kasihanilah kami yang masih melekatkan pada cara hidup lama,  yang awut-awutan dan tidak berfokus pada-Mu.
I   :Sering kali kami sulit keluar dari kegalauan, untuk beranjak dan melihat keindahan di sekitarkami.
U : Kasihanilah kami yang masih sering kali melupakan Dikau saat kami sedang mengalami kegalauan, dan sering kami melakukan hal-hal yang menyimpang dari ajaran Mu.
I   :Tuhan Yesus, Engkau menghendaki kami untuk berbenah diri sehingga selalu baru di hadapan-Mu.
U  : Ampunilah kami yang sering terlena pada kenyamanan dan tidak mau berubah ke arah yang lebih baik.
I :Tuhan Yesus, Engkau mengajari kamisupaya dapat memaknai perjalanan hidup kami, selalu berharap, dan mampu bersyukur atas nama-Mu.
U   :Kasihanilah kami yang tidak tahu terima kasih atas segala rahmat kehidupan yang telah kami lalui.Bimbinglah kami anak-anak-Mu dalam proses metamorfosis ini,karena kami percaya Engkaulah Tuhan pengantara kami.
I     :Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kami, mengampuni dosa kami, dan mengantar kami ke hidup yang kekal.
U   : Amin.



KEMULIAAN
DOA PEMBUKA :
I:Marilah berdoa!
Allah Bapa mahakasih, Engkau meninggalkan gemilang kebesaran-Mu dengan sudi menjadi manusia dalam Yesus putra-Mu. Ia mendekati kami sehingga di akhir tahun ini kami dapat mempertanggungjawabkan kehidupan satu tahun ini kepada-Mu.
U: Kami berterima kasih sebab Engkau mau datang menjadi sama dengan kami, agar janji-Mu yang terpercaya dapat menguatkan perjalanan hidup kami di dunia. 
I: Semoga terang Putra-Mu itu menuntun kami yang belajar memperbarui diri dalam Yesus Kristus. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami, yang bersama dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang masa.
U: Amin.
BACAAN I :Surat Pertama Yohanes ( 1 Yoh 2: 18-21 )
Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Memang mereka berasal dari antara kami, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kami; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kami, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kami. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kami. Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran.
Demikianlah sabda Tuhan
U: Syukur kepada Allah
Lagu antarbacaan
Alleluya.. Alleluya
Firman telah menjadi manusia, dan diam di antara kami. Semua orang yang menerima Dia diberi-Nya kuasa menjadi anak-anak Allah. Alleluya.
Bacaan Injil (Yoh 1: 1-18)
I : Tuhan sertamu.
U: Dan sertamu juga.
I :Inilah Injil Yesus Kristus menurut St. Yohanes.
U: Dimuliakanlah Tuhan.
I :Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadipercaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kami, dan kami telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yohanes memberikan kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari aku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."Karena dari kepenuhan-Nya kami semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
I :Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.
VISUALISASI
HOMILI
AKU PERCAYA
DOA UMAT :
I:Saudara saudari yang  terkasih Tuhan, Yesus yang telah rela hadir di dunia menjadi harapan dan kedamaian bagi kami. Ia sudah hadir di tengah-tengah kami pada saat ini.  Marilah kami menyampaikan permohonan kami kepada- Nya :
L: Untuk Gereja kami yang senantiasa menjadi harapan umat manusia akan perdamaian. Semoga Gereja senantiasa bersatu padu dalam mempersiapkan kedatangan Kerajaan-Mu.
U: Kami bersyukur atas kasih yang senantiasa hadir dalam kesulitan hidup umat manusia. Oleh karena itu, berkatilah para pemimpin Gereja, Paus Fransiskus, dan para uskup, serta seluruh umat-Mu. Semoga mereka mampu menjadi promotor keadilan dan perdamaian.
L: Bapa yang maharahim, kami bersyukur atas rahmat penyertaan-Mu dalam hidup kami satu tahun ini. Banyak suka dan duka yang kami lalui. Banyak pergulatan hidup yang melanda diri kami.
U: Semoga kehadiran Yesus, Putra-Mu di dunia menjadi inspirasi serta penyemangat bagi kami, kaum muda-mudi. Dengan demikian, kami mampu membongkar tempurung hidup lama kami dan memeluk kebaruan dalam iman, harapan, dan kasih, di tahun yang baru ini.
L: Dunia menawarkan banyak kenikmatan yang memabukkan dan menggiurkan hati: materialisme, hedonisme, konsumerisme, demikian juga dengan fundamentalisme yang membuat orang merasa dirinya paling benar dan paling sempurna.
U: Curahilah kami Roh Kebijaksanaan sehingga kami mampu menimbang-nimbang dan menemukan kebenaran sejati di antara banyak tawaran nilai hidup. Bimbinglah kami yang saat ini sedang menempuh studi sehingga kami mampu bertumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan humanis.
L: Untuk para religius yang karena menjalani panggilan suci boleh mengalami kegembiraan sejati yang karenanya bisa membuahkan daya tarik bagi benih-benih panggilan di antara anak-anak, para remaja dan orang muda dalam keluarga.
 U: Semoga mereka makin menjadi saksi nyata kehadiran kerajaan-Mu di tengah masyarakat dunia masa kini melalui ucapan dan tindakan kenabian berkat kesatuan  mereka dengan-Mu dalam hidup doa yang tekun dan mendalam.
 L: Untuk kaum muda yang menjadi harapan Gereja, masyarakat, dan seluruh umat manusia.
U:Kami bersyukur kepada-Mu atas cinta kasih-Mu yang mencipta kami, kami menyadari, Engkau memanggil kami untuk hidup suci murni dan untuk menjadi orang muda yang dapat dipercaya dan diandalkan.  Tuntunlah hati nurani kami supaya kami tidak menyia-nyiakan hidup ini dengan hal-hal yang buruk. Bimbinglah agar kami dapat mengisi hidup kami dengan hal-hal yang baik dan bermakna.
L: Tuhan yang maha bersahabat, kami bersyukur atas darah jiwa dan api semangat yang Engkau tanam dalam pribadi kaum muda ini. Alirkanlah Roh Kudus-Mu sehingga darah jiwaku selalu segar dan api semangat kami senantiasa berkobar.
U: Kuatkanlah kehendak kami untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan, serta berjuang bagi sesama yang miskin dan tertindas. Bersama dengan daya cipta-Mu, kami hendak membangun wajah dunia ini menjadi manusiawi.
L: Tuhan yang mahaintelektual, kami bersyukur atas anugerah pikiran dan intelektualitas yang engkau berikan. Pantaslah anugerah itu kami abdikan untuk memikirkan dan mengembangkan kemanusiaan yang lebih baik.
U: Jernihkan budi kami agar dapat bekerja sama dengan hati nurani. Semangati kami kaum muda agar jadi insan-insan yang peduli. Sadarkan kami untuk membaktikan hidup kami demi kemuliaan nama-Mu dan keselamatan jiwa umat manusia demi Gereja-Mu,  bangsa, dan negara. 
………….Hening sejenak………. (permohonan pribadi)
I:  Allah, Bapa kami, inilah doa dan harapan kami.  Semoga Engkau berkenan mendengarkannya dan memberi kami  kekuatan untuk mewujudkannya. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami.
U: Amin.
LITURGI EKARISTI

Nyanyian Persiapan Persembahan
Doa Persiapan Persembahan :
I :Allah Bapa, Putra-Mu adalah jembatan cinta-Mu kepada kami. Dia menjadi manusia untuk menuntun kami saat berada dalam kegelapan dosa sehingga hidup kami tetap terarah dan sampai kepada-Mu.
I+U:Sambutlah untaian doa kami bersama roti anggur persembahan ini, sehingga di Tahun Baru yang akan segera datang  dengan penuh keyakinan kamikemamtapan kami melangkah menuju rumah-Mu.
I :Agar segala pengorbanan Putra-Mu di kayu salib sungguh menyelamatkan kami. Dialah Tuhan dan pengantara kami.
I+U:Amin.
DOA SYUKUR AGUNG
Prefasi Natal III
Kudus
Doa Syukur Agung X
Bapa Kami
Doa dan Salam Damai:
I: Kristus mendamaikan kami, dengan Allah lewat kehadiran-Nya di dunia. Maka marilah berdoa kepada-Nya:
I+U: Tuhan Yesus Kristus jangan memperhitungkan dosa kami tetapi perhatikanlah iman Gerejamu, dan restuilah kami  supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkaulah pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin.
I: Semoga damai Tuhan Kami Yesus Kristus selalu beserta kami.
U: Sekarang dan selama-lamanya.
Anak Domba Allah
Komuni
Nyanyian komuni
Antifon Komuni
Allah telah mengutus PutraNya yang tunggal ke dunia, agar kita kaum muda dapat hidup bertumbuh dan berkembang demi Dia, nusa dan bangsa ini.
Doa sesudah komuni :
I: Allah Raja Abadi, kami bersyukur karena kami putra-putri-Mu boleh hidup dalam pengharapan akan kemuliaan kerajaan-Mu.
U: Curahilah kami roh kasih dan roh pengharapan. Dengan demikian, kami mampu hidup sebagai orang muda yang senantiasa mencintai dan setia melayani Gereja, bangsa, dan negara.
I: Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Sabda Abadi yang menunjukkan jalan kehidupan kepada kami, kini dan sepanjang segala masa.
U: Amin.
RITUS PENUTUP
Pengumuman
Berkat dan Perutusan
NYANYIAN PENUTUP

Comments

Post a Comment